Kotak tidak berharap muluk di tahun baru nanti. Tantri, Chua, dan Cella hanya ingin mereka tetap solid dan semakin berkarya. Tahun 2011 bisa dibilang menjadi tahun yang cukup berat bagi band yang mengusung aliran rock ini. Masalah internal yang mengiringi perjalanan Kotak berujung dengan hengkangnya Posan yang kemudian lebih berfokus di band barunya, Winner.

Meskipun kerap dilanda cobaan, namun Kotak berusaha mengelola konflik menjadi acuan semangat. Gejolak yang menghantam mereka justru menjadi bagian penting dari proses pendewasaan bagi ketiga awak Kotak yang masih tersisa.

”Kotak lebih banyak mengalami cobaan, berempat jadi bertiga. Konflik yang akhirnya jadi proses pendewasaan,” ungkap Tantri, vokalis Kotak, di Jakarta, belum lama ini.

Di balik konflik yang terjadi, pamor Kotak justru semakin melambung dan kian memantapkan diri sebagai salah satu band berkualitas yang sangat dibutuhkan untuk masa depan musik Indonesia.

Berbagai apresiasi pun datang, termasuk dari para musisi senior yang tergabung dalam grup Kantata Barock (dulu Kantata Takwa). Iwan Fals, Setiawan Djody, dan Sawung Jabo, tak segan-segan menggandeng Kotak untuk turut andil dalam konser Kantata Barock pada akhir tahun nanti.

Tak hanya itu, selain akan mengeluarkan single baru di awal tahun 2012 nanti, Kotak juga dipercaya untuk tampil bersama band papan atas dunia, Simple Plan.